Peninjauan CBT Center STFI oleh LPUK-NAKES

Lembaga Pengembangan Uji Kompetensi Tenaga Kesehatan (LPUK-Nakes) sebagai lembaga mandiri bertugas dalam pengembangan sistem uji kompetensi tenaga kesehatan yang berstandar nasional telah dimulai sejak tahun 2009 yang diinisiasi oleh proyek Health Professional Education Quality (HPEQ) dibawah koordinasi Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

CBT center ( Computer Based Test Center), yaitu semacam laboratorium yang digunakan untuk test, untuk praktikum yang menggunakan aplikasi, dan juga dapat digunakan untuk kegiatan simulasi atau tes mata kuliah

Tes Berbasis Komputer (Computer Based Test, CBT) merupakan tes yang diselenggarakan dengan menggunakan komputer. Karakteristik dari tes ini sama dengan tes konvensional yaitu menggunakan satu perangakat tes untuk beberapa peserta dengan panjang tes yang sama (fixed test length). Perbedaannya terletak pada teknik penyampaian (delivery) butir soal yang tidak lagi meggunakan kertas (paperless), baik untuk naskah soal maupun lembar jawaban. Sistem skoring atau koreksi langsung dilakukan oleh komputer. Biasanya peserta bisa mengerjakan dan melihat butir soal dari nomor pertama sampai dengan terakhir.

Untuk menunjang kelancaran proses ujian dan transparansi dalam penilaian ujian, STFI sedang menyiapkan ruangan dengan sistem ujian berbasis komputer atau lebih di kenal CBT center.

Kunjungan LPUK Nakes dilakukan dalam rangka konsultasi penyiapan sarana prasarana CBT Center STFI sebagai salah satu ujian di program studi Apoteker. Peninjauan dilakukan oleh dr. Yulherina, MM selaku Ketua Divisi Pengembangan dan Pengelolaan Materi Uji beserta Arif Dodi selaku staf IT.





Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas